Manfaatkan Ilmu yang di Peroleh untuk Masa Depan

0
111 views
Wisuda ke 11 Tahun 2018 UIGM

Palembang, Sumsel Merdeka – Hari ini Univesitas Indo Global Mandiri (UIGM) mengelar wisuda ke 11 tahun 2018 sesi II di Graha IGM KM 9, Sabtu (8/12/2018). Wisuda ini diikuti 335 wisudawan dan wisudawati terdiri dari jenjang Diploma 3, Strata 1 dan Strata 2.

Dalam hal ini Rektor UIGM Marzuki Alie SE MM mengungkapkan, wisuda hari ini adalah ke11 sesi kedua. “Alhmdulillah kita sudah ke 11 tahun mlelaksanakan wisuda. Harapan saya memanfatkan ilmu yg diperoleh untuk masa depan lebih baik. Sehingga alumni bisa melihat dan memanfaatkan peluang kerja. mereka nantinya buka peluang usaha. Indonesia butuh enterpreneur. Umumnya mereka sudah punya modal untuk kerja. Ada beberapa yang bisa diperoleh dan diproses. Jangan sampai lulusan tidak kerja,”katanya.

Marzuki Alie menjelaskan, target kedepan UIGM adalah semakin baik.

“Tantangan kedepan semakin keras. Pola pembelajaran diubah yakni dengan memanfaatkan media digital,” ucapnya.

Lebih lanjut Marzuki Alie, mengacu pada konsep pendidikan 4.0 dalam rangka mengantisipasi terjadi disrupsi teknologi yang kita kenal sebagai revolusi industri 4.0. UIGM juga telah melakukan antipasi dan terus akan melakukan perubahan mengikuti kemajuan teknologi digital yakni pertama membekali multi kompetensi kepada lulusannya yaitu kepada mahasiswa tidak hanya dibekali dengan mata kuliah sesuai kompetensi prodinya. Selain itu, juga diberikan beragam kompetensi lainnya yang sudah menjadi common skill antara lain kemampuan codding dalam bidang teknologi informasi.
“Mahasiswa harus aktif mengekplorasi sumber belajar yang sangat melimpah di dunia maya,” katanya.

“Memberikan ruang dan waktu yang lebih luas kepada peserta didik untuk membangun kemampuan soffskillnya seperti speaking and communication, colaboration, creative thingking, analytical thinking, teamwork, bekerjasma dengan institudi di luar kampud melalui beragam bekerjasama dengan beragam institusi untukbmenambah kemampuan mahasiswa UIGM, ” tandasnya.

Dia melanjutkan, demikian juga dengan tenaga pendidik, dengan melimpahnya sumber belajar di dunia maya, dirinya berharap para pendidik dapat memanfaatkan sumber-sumber belajarbini secara optimal, dan juga menghadirkan atau mengenalkan kepada peserta didik baik dalam kelas konvensional maupun kelas maya.

“Dalam hal ini pemanfaatan e learning merupakan keharusan dalam menjawab revolusi industri ini. Penerapan blended learning, flip classroom, juga merupakan metode pembelajaran yang dapat kita terapkan. Dengan pemanfaatan e learning ini, saya berharap peserta didik dapat beajar tanpa dibatasi ruang dan waktu, ” bebernya.

“Selain itu, melalui pemanfaatan e learning kedepan saya berharap bahwa pertemuan tatap muka dapat dikurangi, sehingga dapat memberikan waktu yang lebih banyak kepada peserta didik untuk melaksanakan kegiatan -kegiatan yang dapat membangun kemampuan softskil mereka,” tutupnya. (Ptr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here